- Perangkat masukan langsung : Input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan luar. Contohnya Mouse, Keyboard, Joystick, Scaner, Microphone, CD-Room
- Perangkat masukan tak langsung : Data yg masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpanan luar
2. Perangkat Pemrosesan : merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Terdiri dari
- Control Unit :Menerjemahkan perintah secara berurutan yang diteruskan ke komputer
- Arithmatic Logic Unit (ALU) : memproses data melalui perhitungan penambaha, pengurangan serta logika
- Memory (pengingat) : penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukan ke komputer
3. Perangkat penyimpanan : berfungsi utk menyimpan data yg telah dimasukan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU
1. USB (Universal serial Bus) merupakan port media untuk lokasi USB disk/stronge
2.Mouse
/Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama
mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan
data ke dalam
komputer selain
papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor
tikus sehingga dalam
bahasa Inggris peranti ini disebut
mouse.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun
1963 oleh
Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun
1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar
komputer, tetikus ini dikenal dengan nama
X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian,
komputer-komputer berbasis
Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun
bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar
permainan video
3. Keyboard/
Papan ketik (
bahasa Inggris:
keyboard) atau
kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan
huruf,
angka, atau simbol tertentu ke
perangkat lunak atau
sistem operasi yang dijalankan oleh
komputer.
Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan
huruf,
angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa
sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak
QWERTY, meniru sistem tata letak
mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan
komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
4. JOYSTICK
adalah alat masukan
komputer yang bracejada
tuas yang dapat bergerak ke segala arah
5. SCANNER merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam
komputer sebagai data
digital.
6. MICROPHONE adalah alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.
7. CD-ROM Drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.
8. RAM
Random access memory,
RAM adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
9. HARRDISK adalah sebuah komponen
perangkat keras yang menyimpan
data sekunder dan berisi piringan
magnetis.
10. FLOPPY DISK dalah sebuah perangkat penyimpanan
data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan
plastik berbentuk
persegi atau
persegi panjang.
11. CD-ROM adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram.
13. PRINTER adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas
kertas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar